Atasi Wabah PMK, Pemkot Blitar Masih Menutup Pasar Sapi Dinomo


Portalmalang.com – Akibat wabah PMK, Pemkot memperpanjang penutupan Pasar Sapi Dimoro, Kota Blitar hingga waktu yang ditentukan, Sabtu (02/07/2022).

Saat ini perkembangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi di Kota Blitar masih tinggi. Akibat dari hal ini Pemkot Blitar menutup sebagian pasar. Salah satunya yaitu pasar Dimoro.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan “pasar Dinomo ditutup sampai wabah PKM di Kota Belita bisa dikendalikan.” Kamis (30/6/2022).

Sejak 10 Juni 2022 pasar Dimoro tutup sementara untuk mencegah penularan wabah PMK pada hewan ternak. Rencana kembali pembukaan pasar sapi Dimoro seminggu menjelang Hari Raya Idul Adha pada 1 Juli 2022.

Perencanaan ini pun ditunda hingga batas waktu tidak ditentukan sampai wabah PMK terkendali. Ini akibat dari perkembangan kasus PMK pada hewan ternak di Kota Blitar masih tinggi.

“Kami hanya menutup pasar sapi saja, untuk pasar kambing tetap beroperasi dengan pengawasan ketat,” ungkap Hakim.

Hakim mengatakan penutupan pasar sapi juga sesuai instruksi Surat Keputusan Menteri Pertanian. SK Menteri Pertanian itu menetapkan daerah wabah PMK agar menutup sementara pasar hewan.

Berdasarkan SK Menteri Pertanian Kota Blitar termasuk daerah wabah PMK. Hal ini juga diungpak oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Rodiyah bahwa jumlah kasus PMK di Kota Blitar terus bertambah.

Sebanyak 238 ekor sapi di Kota Blitar yang dinyatakan suspek PMK. Dari total itu, 12 ekor sapi sudah sembuh.

“Sekarang, kami sedang melakukan percepatan vaksin PMK pada hewan ternak di Kota Blitar,” katanya. (Maria Anggelina Olo Bere)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *