Cegah PMK, TNI-Polri Perketat Pengecekan Hewan Ternak di Kota Malang

0
408
Terlihat para petugas melakukan pengecekan truk pengangkut hewan ternak di pos checkpoint Kedungkandang

Portalmalang.com – Kegiatan pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Malang terus dilaksanakan dan TNI-Polri optimalkan peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Kamis (21/22/2022).

Tim gabungan dari TNI-Polri memperketat pengecekan hewan ternak di tiap pos checkpoint yang berada di setiap perbatasan Kota Malang.

Sementara itu, Babinsa Kelurahan Madyopuro yang berjaga di pos checkpoint Kedungkandang, Serma Sinto mengatakan bahwa, pihaknya bersama dengan anggota Polri rutin melakukan pengawasan truk pengangkut hewan ternak.

“Melalui pos checkpoint tersebut, kita periksa kendaraan yang mengangkut hewan ternak masuk ke wilayah Kota Malang. Dengan tujuan, untuk memastikan bahwa hewan ternak yang masuk ke wilayah Kota Malang itu dalam kondisi sehat. Seperti pada hari ini, kami lakukan pemeriksaan terhadap dua truk yang mengangkut hewan ternak sapi,” tuturnya.

Kemudian dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya melihat langsung hewan ternak yang diangkut serta memeriksa kelengkapan dokumen/surat kesehatan hewan ternak.

“Kita lihat kondisi hewan ternak yang diangkut serta memeriksa kelengkapan dokumennya. Apabila kelengkapan dokumennya tidak ada dan kondisi hewan terindikasi PMK, kita imbau untuk putar balik kembali ke wilayah asal. Dan dalam kegiatan hari ini, kami tidak menemukan adanya truk yang mengangkut hewan ternak terindikasi PMK,” Jelasnya.

Sedangkan itu, Serma Sinto menambahkan bahwa, kegiatan penyekatan dan pengawasan tersebut akan rutin dilakukan hingga wabah PMK berakhir.

“Kegiatan pengecekan hewan ternak di perbatasan Kota Malang ini terus kita lakukan hingga wabah PMK mereda atau ada instruksi lebih lanjut dari pimpinan,” tutupnya. (Aprilia Krisanti Maria Depaula Asa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here