Deklarasi Damai Pemilu 2024, PWI Gelar Lomba Catur Antar Politisi di Kota Batu


Kota Batu – Menjelang Pemilu serentak 2024, seluruh Partai Politik di Kota Batu bersatu dalam semangat perdamaian. Bukti konkret datang dari pembacaan deklarasi damai yang dipimpin oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu dalam acara Catur Silaturahmi 2023.

Kegiatan ini bekerjasama dengan berbagai pihak, khususnya oleh Seksi Ikatan Wartawan Olahraga (SIWO) Kota Batu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya pada Kamis (23/11/2023).

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, menyatakan, “Tentunya ini akan menjadi simbol pemilu damai yang direpresentasikan dalam pertandingan catur. Kami berharap dalam pemilu bisa berjalan secara lancar dan tidak menimbulkan kegaduhan di Kota Batu.”

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir di tengah persiapan sibuk kampanye masing-masing partai politik, yang akan dimulai pada 28 November mendatang. Cahyono berharap terpilihnya pemimpin-pemimpin yang mampu mengangkat Indonesia, khususnya Kota Batu, menuju masa depan yang lebih maju.

Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batu, Nurrochman, mengungkapkan bahwa kegiatan yang diadakan oleh SIWO PWI Kota Batu adalah simbol dari pertarungan yang berlangsung secara sportif. “Kami mewakili masyarakat ingin dalam pemilu serentak nanti bisa berjalan seperti di pertandingan catur ini. Bisa berjalan sportif, damai, dan profesional,” paparnya.

Nurrochman menekankan hak setiap partai untuk mendapatkan dukungan di Kota Batu, tetapi menjaga kedamaian di dalam masyarakat tetap menjadi prioritas utama. Dengan demikian, diharapkan tidak akan ada kubu-kubu dan perpecahan yang dapat merugikan banyak pihak.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu, Onny Ardianto, yang mewakili Penjabat (Pj) Walikota Batu, Aries Agung Paewai, menyatakan bahwa Catur Silaturahmi 2023 adalah kegiatan yang bermanfaat untuk mendidik para calon legislatif (bacaleg) dan masyarakat agar berpolitik secara damai.

“Acara ini menghasilkan dampak positif, memastikan bahwa partai politik yang bersaing dalam pemilu serentak membawa dampak positif kepada masyarakat, tanpa menimbulkan perpecahan. Semua pihak diharapkan menerima hasil pemilu dengan ikhlas, tanpa perlu merayakan kemenangan secara berlebihan dan tetap menjaga kedamaian,” tandas Onny Ardianto.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *