Diduga Akibat Puntung Rokok, Rumah Semi Permanen di Malang Hangus Dilahap Si Jago Merah

0
500
Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang tengah memadamkan api di rumah seorang warga Bareng Tenes 4 B RT 7 RW 2 Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kota Malang, Rabu (8/6/2022)

Portalmalang.com – Rumah semi permanen yang terletak di Jalan Bareng Tenes 4B RT 7 RW 2 Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang hangus terbakar dilahap si jago merah, Rabu (8/6/2022). Hal ini diduga karena puntung rokok yang berada di dalam rumah tersebut.

Kejadian itu sontak membuat warga sekitar panik dan berusaha memadamkan api dengan alat dan air seadanya. Penghuni rumah tersebut diketahui adalah Iwan (35) yang mengalami gangguan mental dan hanya tinggal seorang diri akibat kedua orang tuanya yang telah meninggal dunia.

Seorang warga sekitar, Rafi (20) menyampaikan keseharian Iwan hanya berjalan-jalan di sekitar rumah warga, minta makan, dan minta rokok ke tetangga.

“Iwan itu punya keterbelakangan mental, apalagi gak ada yang ngerawat jadi kalo makan sehari-hari ya dikasih warga, dia suka merokok, sering marah-marah dan kadang-kadang teriak gak jelas,” ungkapnya.

Sedangkan warga lain, Made (52) menuturkan kebakaran tersebut bermula dari kasur yang menuju ke arah triplek dan akhirnya merambat ke seluruh rumah. Dia mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 12.30 WIB.

“Awalnya api yang besar itu dipadamkan sama warga sekitar dengan alat-alat seadanya,” tuturnya.

Disamping itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang, Teguh Budi Wibowo menjelaskan sebanyak 3 unit mobil pemadam dan 15 personel untuk menangani kebakaran tersebut.

“Dari laporan yang kami dapat, sebelumnya warga sudah berusaha untuk memadamkan api tersebut, tapi karena belum juga padam akhirnya mereka menelepon kami,” jelasnya.

Teguh menyampaikan tidak ada kendala dalam menangani kebakaran tersebut, karena akses mobil dan selang air yang masih dapat dijangkau meski daerahnya berada di dalam gang.

“Kebakaran dinyatakan padam itu pukul 13.30 WIB, syukurnya tidak ada korban jiwa dan luka-luka dalam kejadian ini. Luas rumahnya sekitar 18 meter persegi dan diperkirakan kerugian materinya kurang lebih Rp. 30 juta,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here