Harga Bahan Pokok Mulai Stabil

0
296
Foto : Pasar Singosari

Portalmalang.com- Akhirnya, harga bahan pokok di pasar tradisional berangsur turun. Seperti halnya bawang merah, tomat, gubis dan mentimun dipasar tradisional hari ini (22/7) kemarin alami penurunan, Sabtu (23/07/2022)

Bawang merah semula tembus Rp. 65 ribu perkilo, hari ini turun menjadi Rp. 30 ribu perkilo. Selanjutnya, harga tomat. Dulu ia tembus Rp. 17 ribu perkilo, hari ini turun menjadi Rp. 10 ribu. “Gubis dulu Rp. 13 ribu, sekarang Rp. 8 ribu. Selanjutnya mentimun, dulu Rp. 10, saat ini Rp. 6 ribu perkilo,” ucap Enda Yuniari salah satu pedagang di pasar Singosari.

Sementara itu, akibat dari turunnya harga ini, masyarakat yang biasa beli seperempat, saat ini (kemarin) pembeli lansung mengambil satu kilo. Kenapa? Sebab, agar masyarakat tidak bolak balik ke pasar. “Dulu pas mahal, mereka yang biasa beli satu kilo hanya seperempat saja. Saat ini lansung beli banyak,” lanjutnya.

Sementara itu, turunya harga sebenarnya membuat pihaknya kesepian pelanggan. Sebab, di saat mahal, masyarakat setiap hari selal walau sedikit. Sejak harga murah, tidak sedikit dari mereka menyetok bahan pokok itu yang berakibat sepinya pembeli. “Karena mereka sudah membeli banyak. Akhirnya tidak ke ke pasar lagi,” ucap dia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Malang Mahila Surya Dewi menyebut, naiknya harga bahan pokok dulu diakibatkan anomali cuaca yang tidak menentu. Seharusnya di awal bulan Juni telah memasuki musim kemarau, namun masih turun hujan menyebabkan hasil panen berkurang dan pasokan pasar berkurang.

Kali ini, harga mulai turun akibat panen raya, Selain itu se-usai menghadapi hari raya besar keagamaan, harga memang akan kembali normal seperti biasanya. “Menghadapi hari keagamaan memang naik, sekarang sudah usai hari-hari itu. Semoga harga-harga akan kembali normal,” tutup dia. (Aprilia Krisanti Maria Depaula Asa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here