Jalur Kereta Api di Sumberpucung Malang Kembali di Buka


Portalmalang.com – Jalur kereta Api di Sumberpucung – Pohgajih, Kabupaten Malang kembali beroperasi setelah sebelumnya tertimbun tanah longsor, Rabu (19/10/2022).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, bahwa proses normalisasi rel kereta api telah dilakukan oleh petugas di lapangan.

Kereta Api (KA) pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KA parcel yang berangkat dari stasiun Malang pukul 17.00.

Kemudian KA Malabar relasi Malang – Bandung dengan keberangkatan pukul 17:10 WIB. “Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka seluruh kereta api dari dan menuju Malang dapat kembali beroperasi,” kata dia.

Dia menjelaskan, bahwa upaya normalisasi Jalur ini, KAI telah mengerahkan puluhan pekerja beserta perlengkapan lain untuk menyingkirkan material longsor yang menutup akses rel.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kareta api akibat Jalur KA terkena longsor di wilayah tersebut,” ujarnya.

Secara bertahap petugas akan melakukan pembersihan dan pengawasan sehingga kecepatan KA dapat berjalan seperti normal.

Hingga saat ini, proses normalisasi tersebut terus berjalan. Meski situasi di lapangan cukup menyulitkan petugas, karena kondisi cuaca hujan disertai material longsor batu dan lumpur yang banyak.

“KAI akan terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal,” tandasnya.

Akibat adanya gangguan perjalanan KA tersebut, tiga kereta api dari Malang melewati arah Utara melalui Sidoarjo Mojokerto dan Kertosono.

Ketiga kereta api tersebut diantaranya ialah KA Matarmaja relasi Malang pasar Senen, KA Gajayana relasi Malang- Malang, dan KA Brawijaya relasi Malang-Gambir. (Priskila Manelima)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *