Keluarga Manggarai Se-Malang Raya Adakan Pentas Budaya Perdana di Jawa Timur


Portalmalang.com – Ikatan Keluarga Manggarai Malang Raya mengadakan pentas budaya tarian caci di Lapangan Rampal, Kota Malang, Minggu (23/10/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan di tanah rantau dan juga untuk menunjukan salah satu seni yang menjadi ciri khas masyarakat Manggarai.

Tarian caci merupakan suatu tarian khas budaya Manggarai. Tarian ini biasanya ditampilkan pada saat kegiatan-kegiatan penting seperti syukuran dan kegiatan budaya manggarai lainnya. Tarian caci hanya diikuti oleh kaum laki-laki sedangkan kaum perempuan hanya melakukan tarian di luar lapangan.

Dalam kegiatan ini di ikuti oleh puluhan mahasiswa dan orang tua Manggarai se-Malang raya dan Surabaya. Selain itu, kegiatan ini juga turut menghadirkan Kapolres Malang dan juga Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang.

Robertus Tangherman selaku ketua pelaksana menyampaikan kegiatan pentas caci ini diadakan bertujuan untuk membangun keharmonisan dan kekompakan seluruh mahasiswa dan orang tua di Jawa Timur khususnya Malang dan Surabaya.

“Tujuan kegiatan ini untuk membangun kekompakan dan keakraban sesama Manggarai di tanah rantauan. Karena kebudayaan seperti ini harus di pertahankan meskipun kita jauh dari daerah asal namun kita tetap satu yaitu Manggarai,” ujarnya.

Rober juga menambahkan dalam kegiatan ini, Ikatan Keluarga Manggarai Surabaya menjadi “meka landang” (tamu) sedangkan Keluarga Manggarai Malang rasa dipercayai sebagai tuan rumah.

Tampilan Pakaian adat Budaya Manggarai pada saat menerima tamu di acara pentas budaya atau kegiatan penting lainya.

“Tarian caci ini kami undang “ase kae”(keluarga Manggarai Surabaya) hadir untuk memeriakan pentas caci ini dan juga kami semua sepakat dalam tarian caci ini kedua bela pihak mengutus 40 orang sebagai penari taci dalam lapangan sedangkan yang lainya di luar lapangan melakukan tarian danding dan menjawab lagu daerah yang dinyayikan oleh penari caci,” ungkapnya.

Dia juga mengharapkan semoga pentas budaya seperti tarian caci ini terus di jalankan dan ditampilkan di kota Malang dan Surabaya agar kebudayaan seperti ini tidak dilupakan dan diabaikan oleh mahasiswa dan orang tua di tanah rantau.

“Kegiatan pentas caci ini merupakan kegiatan pertama di Malang dan Jawa Timur, sehingga kami berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut agar budaya Manggarai diketahui dan tidak dihilangkan oleh anak muda khusunya yang merantau,” harap dia.

Meskipun kegiatan ini baru dijalankan di Kota Malang, namun antusias dan semangat dari kalangan mahasiswa dan juga Orang Tua se-Malang raya sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya ratusan penonton yang hadir untuk menyaksikan pentas budaya ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *