“Manfaat dari Kehidupan yang Bermakna”


Portalmalang.com- Hidup tenang, damai dan bahagia adalah dambaan setiap orang. Tidak ada seorang pun didunia Ini yang menghendaki kehidupannya penuh dengan kegelisahan, keresahan dan   Ketakutan, penuh gundah dan sebagainya. Tetapi apa yang telah terjadi dalam kehidupan Manusia saat ini?

Kekerasan, eksploitasi manusia atas manusia, pembunuhan, peperangan dan berbagai bentuk penindasan lainnya telah mengusik ketenangan serta kedamaian yang di damba-dambakan. Setiap orang boleh saja mengklaim bahwa mereka memiliki cara tersendiri untuk memperoleh ketenangan hidup dan kebahagiaan.  yang mencari melalui tumpukan barang-barang mewah dan mahal. Ada yang mencari melalui pemenuhan kebutuhan jasmani yang enak dan menyenangkan. Memang, untuk saat tertentu mereka mendapatkannya, mereka merasakannya, tapi hanya sementara, setelah itu semuanya menjadi hampa. Mereka hanya memperoleh kebahagiaan yang semua mereka miliki.   tetapi manusia juga dapat melupakan dengan kepercayaan mereka, yaitu “agama” yang telah di anuti atas kepercayaan mereka tersendiri Yang telah diberikan Tuhan kepada mereka untuk menjadi tuntunan memperoleh ketenangan,  ada lagi, imbalan tidak lagi kita peroleh, atau karena penyebab lalu terpisah dari orang-orang yang kita cintai, apakah anak-anak atau istri?, apakah masih berarti atau bermakna apa yang kita lakukan?

Maka, yang seharusnya adalah apapun yang kita lakukan, kita persembahkan untuk  yang tidak pernah mengecewakan kita, yang tidak pernah terpisah dari kita, untuk “ tujuan” yang abadi, untuk imbalan dunia dan akhirat, yaitu untuk tuhan oleh sebab itu hendaklah segala sesuatu Yang kita kerjakan sesuai dengan perintah yang telah ditentukan nya.

Tetaplah bersabar dan berbuat baik terhadap sesama, walaupun serikali banyak orang yang sering bicara kita, di belakang.

Dengan semuanya ini hidup kita akan lebih bermakna di mata tuhan, karena Tuhan telah memberi dan memerintahkan kepada kita agar selalu menaati segala peraturan yang telah diberikan nya kepada kita, sebagai manusia yang berpendidikan dan berpengalaman yang cukup besar, kita harus mengetahui dan menjalankan segala perintah dan larangan dari Tuhan,

Didalam masyarakat juga kita harus saling aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan, agar kehidupan kita didalam masyarakat selalu Berguna.

contoh: membangunkan sebuah rumah baca, mengikuti kegiatan-kegiatan bakti sosial, ikut aktif dalam kegiatan rohani, Semua kegiatan ini ada dampak positif bagi diri kita sendiri Dan masyarakat di sekitar kita.

Sisi positifnya bagi diri kita sendiri adalah kita mendapat pahala yang besar dari Tuhan karena kita telah menjalankan segalah perintah nya dan pengalaman yang sangat luas guna membuka mata hati kita agar selalu peduli terhadap orang-orang di sekitar kita dan mendorong kita untuk selalu aktif dalam semua kegiatan yang ada, tanpa ada kata kerugian bagi diri kita dan orang-orang disekitar kita.

Begitu pula dampak positif bagi masyarakat, dengan kita mengikuti segala kegiatan yang ada semua, apa yang kendala di masyarakat kita  akan terlunasi, karena kita mengikuti segala kegiatan-kegiatan yang sangat dibutuhkan bagi orang lain.

Dengan semuanya itu kita akan terasa dihormati dan hidup kita pun menjadi legah karena setiap kita ke suatu tempat nama kita Sudah terdengar begitu cukup luas di kalangan masyarakat.

Patutlah kita merasa bersyukur kepada Tuhan karena atas berkat dan kabaikanya kita bisa ikut ambil bagian yang telah di siapkan untuk kita, dengan kita melaksanakan nya kita pun turut merasa bahagia, dan tuhan pun selalu menyertai dan memberkati kita disetiap usaha yang kita lakukan untuk diri kita dan orang-orang disekitar kita.Karena Tuhan sudah menciptakan kita untuk saling melayani dan membantu terhadap sesama .

Tuhan tidak pernah menciptakan umat nya di dunia ini untuk saling musuhan, melainkan tuhan menciptakan kita agar apa yang Tuhan telah berikan kepada kita patulah kita menjaga dan melayani terhadap sesama, agar kehidupan kita pun di dunia ini lebih banyak membangun kehidupan yang bermanfaat bagi orang lain dan tuhan pun tidak pernah mengeluh atas kita.

Tuhan ikut senang kalau kita menjalankan segalah perintah nya yang telah diberikan kepada kita. di dunia akhirat nanti tuhan  tidak menanyakan berapah jumblah harta yang kita  miliki selama masih ada,  melainkan tuhan menilai kehidupan kita di dunia yang sesuai dengan perintah dan larangan nya.

Menurut Frankl, hal yang membedakan dari sejumlah orang yang mempertahankan kehidupan ini adalah karena mereka memiliki hidup yang bermakna. Tanpa makna hidup, kehidupan dirasakan hampa. Ketika kehidupan dirasa hampa, manusia tak ubahnya seperti mayat hidup. ia bergerak, namun tidak ada arti dan tujuan.

Lalu bagaimana caranya?

 Langkah yang paling bisa dilakukan adalah bagaimana kita mampu memaknai hidup ini dengan baik. Jangan biarkan jiwa ini dikotori oleh kehendak-kehendak yang bersifat material yang hanya menawarkan kebahagiaan semu di muka bumi ini.

*)Oleh: Helidorus Erfan Gantur, Asal Intansi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi portalmalang.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *