Pemerintah Kembali Tambahkan 3 Lokasi Karantina WNI dari Luar Negeri


Portalmalang.com – Pemerintah Kembali merencanakan penambahan 3 lokasi karantina baru bagi para pelaku perjalanan internasional yang nantinya tiba di Tanah Air. Tiga lokasi karantina tersebut salah satunya adalah di rusun daerah Jakarta Timur, Rabu,(22/12).

Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa ada ada tiga fasilitas karantina yang ditambahkan di DKI Jakarta.
“Untuk saat ini direncanakan terdapat tiga fasilitas untuk karantina yang terpusat tambahan di DKI Jakarta,” ungkap Prof. Wiku, Rabu (22/12/2021).

Wiku juga menyampaikan tiga lokasi yang nantinya akan diubah dan dijadikan fasilitas karantina tersebut adalah Rumah Susun Penggilingan, Pulogebang, Jakarta Timur; Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jakarta Selatan; dan Rumah Susun Daan Mogot, Jakarta Barat.

Penambahan lokasi karantina tersebut diberlakukan untuk mengantisipasi ketika nanti pemerintah sudah menetapkan penambahan waktu dan durasi untuk pemberlakuan karantina tersebut, proses karantina yang awalnya dijadwalkan hanya selama 10 hari, dan kini ditambah menjadi 14 hari. Hal tersebut dilakukan demi upaya pemerintah untuk mengatasi adanya virus varian baru Omicron.

Rencana untuk menambahkan durasi karantina tersebut telah dipertimbangkan saat melihat kedatangan para pelaku perjalanan dari luar negeri yang jumlahnya semakin membludak di dua bulan belakangan ini lewat jalur darat udara begitupun yang lewat jalur laut.

Sejak bulan Oktober 2021, diperkirakan jumlah para pelaku perjalanan dari luar negeri masih mencapai kisaran 1.000-2.000 yang berdatangan. Dan pada bulan Desember 2021, jumlah dari kedatangan tersebut meningkat hingga mencapai sekitar 4.000. (Muhamad Lutfi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *