Pemerintah Larang Jual Minyak Goreng Curah Mulai 1 Januari 2022, ini Alsannya


Portalmalang.com-Minyak goreng curah akan dilarang untuk diedarkan per 1 Januari 2022 mendatang, kebijakan ini dikeluarkan oleh pemerintah republik Indonesia demi menjaga harga kebutuhan minyak goreng tetap stabil dan terkendali, Jumat, (26/11).

Kementerian Perdagangan Oke Nurwan selaku Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri menyampaikan kondisi saat ini harga minyak curah yang sangat bergantung pada harga minyak sawit mentah. Oleh karena itu, ketika harga CPO melonjak, harga minyak curah juga malah melambung.

“Sangat berbeda dengan kemasan. Kalau minyak dalam kemasan itu dapat disimpan jangka panjang, bisa juga diproduksi terlebih dahulu, sehingga harganya terkendali,” ujar Oke dalam diskusi daring, Rabu, 24 November 2021.

Maka dari itu, pemerintah akan tetap mewajibkan peredaran minyak goreng dalam kemasan dan tidak akan mengizinkan lagi minyak goreng curah untuk diedarkan per tanggal 1 Januari 2022 mendatang. Oke juga menambahkan bahwa untuk saat ini hanya ada dua negara yang masih mengedarkan minyak goreng dalam bentuk curah, yaitu Indonesia dan Banglades.

Baca Juga:Bangun Ekonomi Kreatif dalam Mengelola Manajemen Keuangan, Himma Unitri adakan Kuliah… portalmalan.com

Ok juga menyampaikan dua penyebab meningkatnya harga minyak goreng belakangan inj di pasaran, yaitu pertama faktor global dan kedua faktor dalam negeri itu sendiri.

“Mengapa harga minyak goreng ini terus naik? Pertama, karena faktor bahan baku. Persoalan harga minyak goreng bukan hanya terjadi di Indonesia, ini gejolak global karena pasokan minyak nabati dunia menurun,” ujar Oke. (Muhamad Lutfi)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *