Peringati Hari Lahir Pancasila, Wali Kota Malang dan Ketua DPRD: Menjunjung nilai-nilai pancasila


Portalmalang.com- Dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila Wali Kota Malang Sutiaji dan Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika, mengajak warganya untuk tetap menegakkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sebagai dasar negara, Pancasila mengandung perwujudan cita-cita luhur dan tujuan utama bagi bangsa Indonesia.

Sutiaji menyampaikan, bahwa dalam memaknai Pancasila ini tidak hanya bisa diucap dan diangan saja. Namun harus diimplementasikan dalam perilaku kehidupan, berbangsa dan bernegara. Ucapnya saat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila di Block Office Mini Balaikota Malang. Rabu (01/06/2022).

Pancasila adalah pemersatu bangsa, juga menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

Dalam hal ini, Sutiaji mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memilih merayakan Hari Lahir Pancasila di Ende Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu tempat Soekarno merenungkan dan merumuskan Pancasila yang disahkan sebagai dasar negara Indonesia.

Tema Hari Lahir Pancasila hari ini yaitu “memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa”. Yakni bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Dengan begitu, maka kesan bahwa Indonesia milik Jawa itu hilang. Monopoli nggak. Karena golnya negara didirikan adalah sila yang kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” terangnya. (Aprilia Krisanti Maria Depaula Asa)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *