Wisata Alam Bombo Ncera sebagai Tempat Destinasi yang Harus di Kunjungi


Portalmalang.com – Wisata Bombo Ncera terletak di ujung Timur Desa Ncera, wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat indah dan sejuk. Hal itu bisa dilihat dari pemandangan alam yang di penuhi oleh pepohonan  yang mengelilingi wisata tersebut dan ditambah lagi  adanya air terjun yang sangat indah, dan airnya sangat segar  yang bisa menyehatkan tubuh dan memanjakkan  para pengunjung. Destinasi wisata alam bombo ncera ini menjadi pilihan dari mahasiswa UMM untuk melakukan PMM UMM yang di lakukan oleh kelompok 67 gelombang 11 yaitu Uswatun Hasanah dan Herman yg di bimbing oleh  Dosen pembimbing Lapang yaitu Bapak Ir Syaifuddin,.S.Kom,.M.Kom.

Wisata alam Bombo pada awalnya hanya diketahui oleh masyarakat setempat itu, dikarenakan wisata bombo Ncera belum terlalu dikenal banyak orang karena posisinya bisa dikatakan ditutupi oleh pohon-pohon besar sehingga tidak terlihat oleh orang diluar masyarakat Belo selatan.

Seiring dengan berjalanya waktu wisata tersebut mulai dikenal oleh para wisatawan diluar masyarakat setempat. Para pengunjung mulai tertarik dengan wisata Bombo Ncera sejak dengan adanya kreativitas pemuda dan pemudi dengan memperindah wisata Bombo Ncera. Dan mereka menamakan komunitasnya yakni Komunitas pemuda pemerhati Bombo Ncera atau yang disingkat (KKPBN).

Dalam aktivitas komunitas tersebut awalnya mereka melakukan beberapa festival pagelaran di wisata Bombo Ncera untuk memperkenalkan Bombo Ncera di khalayak umum. Selain memperkenalkan wisata alam bombo Ncera dalam festival tersebut juga menampilkan budaya orang Bima seperti tari-tarian, musikalisasi, kareku kandei, rimpu mpida dan berbagai macam budaya orang Bima.

Dalam festival tersebut dihadiri oleh para petinggi pemerintah Bima dalam memeriahkan acara festival. Festival itu pun dilakukan secara rutin setiap tahun. Selain mengadakan festival komunitas KKPBN melakukan renovasi besar-besaran di wisata Bombo Ncera.

Mereka merenovasinya dengan memperindah dengan memasang tulisan-tulisan seperti tulisan welcome Bombo Ncera dan berbagai tulisanya lainya, selain tulisan komunitas tersebut membuat gazebo untuk tempat berteduhnya wisatawan Bombo Ncera dan tempat nongkrong untuk ngopi pemuda dan pemudi masyarakat sekitar. Yang paling menarik dari Inovasi yang dilakukan oleh KKPBN adalah mereka mengadakan perpustakaan, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan para pengunjung dan untuk membuat daya seni tersendiri untuk pengunjung sembari memandang pemandangan Bombo Ncera dan dibarengi dengan membaca buku.

Mereka juga menanam pohon-pohon kecil dan bunga yang indah  disepanjang jalan di Bombo Ncera. Dan mereka juga membangun musholla dan toilet sebagai fasilitas yang menunjang kenyamanan dan menjaga kebersihan Bombo Ncera.  Hasil dari inovasi kreatif yang dilakukan oleh KKPBN itu, wisata Bombo Ncera sudah menjadi wisata yang sangat indah dan juga menjadi wisata yang terkenal dikalangan masyarakat Bima. Sehingga pengunjung dari Bombo Ncera  bukan hanya dari masyakarakat sekitar melainkan dari desa-desa yang lain berkunjung ke Bombo Ncera untuk menghibur diri dan mencari kesegaran dan dijadikan tempat refresing favorit di Bima. Dengan perjuangan dan semangat yang membara dari masyarakat sekitar untuk menjaga dan melestarikan wisata alam Bombo Ncera itu sudah menjadi tempat destinasi yang menarik untuk dikunjungi. (Participant)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *